Tugas 1 Pemrograman Berorientasi Objek

Pada kali ini akan dibuat program yang bertujuan untuk menampilkan format waktu dimana akan ditampilkan dalam bentuk format 24 jam. Dimana disini akan diaplikasikan penggunaan dari class dan objek dalam pemrograman Java. 


Perkenalan

Pada class Time1 itu berisikan format hal apa yang akan dilakukan oleh program waktu ini, disini terdapat variabel hour, minute, dan second yang melambangkan jam, menit dan detik, dimana disini juga akan mendeklarasikan string-string yang nantinya akan dipanggil di class-class selanjutnya yang masih di dalam 1 projek.


Untuk program yang dibawah ini ialah Time1Test Classes. Yang merupakan class baru yang dibuat difile yang terpisah, namun masih didalam projek yang sama, hal ini dilakukan karena keduanya merupakan Public Classes. Untuk Time1Test Class ini sendiri, berisikan format jam dimana juga menggunakan fungsi-fungsi yang berada di Class sebelumnya yaitu Time1 Class.


Inilah output yang dihasilkan.

Mengontrol Akses ke Member

Pada bagian ini menjelaskan bagaimana anggota kelas yang dalam keadaan private di dalam suatu kelas tidak dapat diakses di luar kelas tersebut. Jika program ini dicompile, maka akan menampilkan pesar error yang mengatakan bahwa anggota kelas tersebut tidak dapat diakses. Berikut ini merupakan contoh program dan hasilnya.


Error yang terjadi ketika dicompile:



Mengacu pada Anggota Objek Saat Ini dengan this Reference

This reference dapat digunakan secara implisit atau pun eksplisit dalam merujuk anggota dari suatu objek, dimana pada program berikut ini memperlihatkan bahwa setiap objek yang berada di dalam ThisTest class dapat mengakses reference ke dirinya sendiri dengan menggunakan keyword this.


Inilah Output yang akan dihasilkan dari program diatas.


Time Class Case Study: Overloaded Constructors

Berikut ini ialah contoh studi kasus untuk time class dengan kondisi constructors yang overload dimana memungkinkan objek dari class diinisialisasi dengan cara yang berbeda. Dimana untuk overload constructors ini, kita cukup memberikan beberapa deklarasi konduktor dengan signature yang berbeda.

Berikut ini contoh sourcecode nya:





Berikut ini ialah outputnya:

Default and No-Argument Contructors

Setiap kelas harus memiliki setidaknya satu konstruktor. Jika kita tidak mendeklarasikan apapun pada class, maka compiler otomatis membuat konstruktor default yang tidak membutuhkan argumen saat dipanggil. Konstruktor default menginisiasi variabel ke nilai awal deklarasi atau nilai defaultnya(nol).

Konversi Uang

Disini saya telah menuliskan sourcecode yang berisi program untuk mengkonversi jenis mata uang dari rupiah(RP) ke mata uang asing yaitu ringgit(RM) dan dollar(USD).


Berikut ini ialah outputnya:



Komentar