Tugas 2 Pemrograman Berorientasi Objek

 Halo!

Kali ini kita akan membahas mengenai Abstraksi dan Modularisasi Smart TV Box.

Didalam pembuatan program perangkat lunak atau aplikasi, hal pertama kali yang harus dilakukan ialah membuat abstraksi. Abstraksi sendiri berisikan gambaran umum mengenai suatu program yang ingin kita buat nantinya. Dimana abstraksi ini bertujuan untuk melihat suatu objek yang akan kita buat programnya dalam bentuk yang sederhana dengan mengabaikan bagian-bagian detailnya (hanya melihat secara umum). Kali ini saya akan menunjukkan contoh dari gambaran tampilan dari program Smart TV yang akan saya buat.
Abstraksi Tampilan Smart TV

Untuk modularisasi dan diagram kelas yang telah dibuat ialah sebagai berikut.

Diagram Kelas-Kelas pada Smart TV

Untuk tampilan Smart TV ini, terdapat bagian home (layar utama), apps(aplikasi), movies, tv channels, sports, dan news. Dimana masing-masing bagian tadi dijadikan kelas sendiri. Untuk bagian home merupakan kelas utama (main class) yang berisikan beberapa class, seperti Apps, Movies, WIFI, TVChannels, dll. Berikut ini ialah source code Public Class untuk bagian home.

Pada kodingan Public Class diatas, bisa dilihat bahwa disini masih kosong karena class Home merupakan class utama yang ada, yang nantinya akan menjadi main class dari kelas lainnya. Salah satu sub class dari class home ialah class Apps. Berikut source codenya.

Dimana untuk bagian Apps ini akan ditunjuk oleh bagian class apps_list yang berfungsi untuk menampilkan list dari Apps yang ada di Smart TV. Pada class apps_list ini lah nanti nya saya berencana untuk menjadikannya sebagai fungsi yang menunjuk(output yang diminta dari perintah apps_list) maka dari itu di diagram terlihat bahwa class apps_list lah yang menunjuk class Apps(Class Apps sebagai main).
Berikut inilah source code dari apps_list.
Terlihat dari kodingan yang ada diatas. Dimana didalam public class apps_list akan memanggil class Apps secara private. Sama halnya dengan class Settings, dimana yang menjadi main public class ialah Public Class Home. Berikut Source Codenya.

Untuk Class Settings sendiri menjadi main dari class WIFI, logout_acc, dan help. Berikut kodingan dari masing-masing class dengan mainnya Class Settings.
Itulah beberapa contoh source code dari diagram yang telah saya buat, kurang lebih isinya semuanya hampir sama, tinggal menyesuaikan saja yang mana yang menjadi mainnya.

Nama: Hanifa Fauziah
NRP: 05111940000024
Kelas: PBO A

Komentar