Tugas 1 Rekayasa Kebutuhan

1. Deskripsikan Aplikasi Parkir

Parkir Non Tunai atau bisa disebut dengan Cashless Parking merupakan sistem pembayaran parkir tanpa menggunakan uang fisik, tapi menggunakan uang digital dari aplikasi. Aplikasi parkir non-tunai ini merupakan aplikasi dengan sistem yang terintegrasi secara otomatis dari data parkir yang terbuat saat pengguna akan memasuki area parkir hingga sistem pembayaran parkir digital yang disediakan yang efektif dan efisien.

Aplikasi ini mendukung pembayaran melalui Kartu Tol dan QRIS (termasuk ShopeePay, LinkAja, dll). Pada masa Pandemi seperti sekarang ini, dengan adanya sistem ini, kontak langsung antara pengguna dan petugas parkir bisa diminimalisir sehingga membantu pencegahan penyebaran virus Covid-19.

Proses bisnis pada sistem ini diawali saat pengguna memasuki area parkir, dimana pengguna harus mengarahkan tangan pada area yang ditentukan untuk mendapatkan karcis parkir. Sebelum karcis dicetak, sistem akan melakukan merekam data plat nomor dan waktu kedatangan untuk disertakan pada karcis. Ketika karcis dicetak dan telah keluar, palang parkir akan terbuka dan pengguna bisa memasuki area parkir.

Jika ingin keluar area parkir, pengguna harus meletakkan karcis pada sensor yang telah ditunjukkan. Jika kendaraan yang digunakan cocok dengan data pada karcis, pengguna dapat menyiapkan pembayaran parkir. Dimana terdapat 2 pilihan yaitu menggunakan Kartu Tol atau QRIS.

Untuk pembayaran dengan Kartu Tol, pengguna cukup menempelkan kartunya pada sensor/layar yang tersedia. Sedangkan, untuk pembayaran dengan QRIS, pengguna dapat menekan sensor/layar terlebih dahulu untuk mendapatkan Barcode pembayaran QRIS. Lalu, Pengguna dapat membuka aplikasi e-payment yang mendukung QRIS untuk melanjutkan pembayaran. Setelahnya, Pengguna dapat mengarahkan kameranya untuk pemindaian barcode pada layar aplikasi parkir non-tunai. Jika pembayaran berhasil, palang parkir akan terbuka dan pengguna dapat keluar area parkir.


2. Identifikasi user dan stakeholder

     Adapun user dan stakeholder dari aplikasi cashless parking yaitu sebagai berikut:

     User: Pengguna area parkir dan Administrator 

     Stakeholder: Pemilik area parkir


3. Tulis/gambarkan kebutuhan dari masing-masing user/stakeholder

Adapun kebutuhan dari masing-masing user/stakeholder yaitu sebagai berikut:

User:

       - Pengguna area parkir:

                1. Mendapatkan karcis parkir.

                2. Mendapatkan area parkir yang aman.

                3. Mendapatkan informasi mengenai biaya parkir.

                4. Kemudahan akses untuk melakukan pembayaran biaya parkir.

       - Administrator:

                1. Mengakses sistem informasi parkir.

                2. Mengelola data pengguna area parkir.

                3. Membuat laporan pendapatan dari transaksi parkir.

Stakeholder:

       - Pemilik area parkir:

                1. Sistem yang terpelihara dan siap digunakan.

                2. Mendapatkan laporan pengelolaan area parkir.

                3. Mendapatkan laporan pendapatan transaksi parkir.


4. Tentukan aspek lain yang penting supaya aplikasi berjalan lancar

Adapun aspek lain yang penting supaya aplikasi berjalan dengan lancar yaitu sebagai berikut:

1. Jaringan internet dan listrik yang memadai

2. Sensor perekam plat nomor kendaraan, Kamera CCTV

3. Kertas untuk mencetak karcis parkir

4. Area parkir

5. Card reader dan Barcode scanner yang terintegrasi dengan sistem

6. Database dan server

7. Palang pintu


Nama : Hanifa Fauziah

NRP : 05111940000024

Kelas : Rekayasa Kebutuhan D

Komentar